SHARE

Film animasi dari studio animasi Pixar "Inside Out 2" mencetak pendapatan pada pekan pembuka terbesar kedua untuk film animasi di bioskop domestik Amerika Utara, dengan perolehan 155 juta dolar AS.

CARAPANDANG - Film animasi dari studio animasi Pixar "Inside Out 2" mencetak pendapatan pada pekan pembuka terbesar kedua untuk film animasi di bioskop domestik Amerika Utara, dengan perolehan 155 juta dolar AS.

Film itu hanya kalah dari "Incredibles 2" yang rilis pada tahun 2018 lalu dengan perolehan pendapatan 182 juta dolar AS di pekan pertama penayangannya.

Menurut laporan Comscore, dilansir dari IGN pada Senin, "Inside Out 2" juga mencetak pekan pembuka di bioskop domestik Amerika terbesar di tahun 2024 sekaligus menjadi film pertama yang melampaui 100 juta dolar dalam hanya beberapa hari pertama sejak peluncuran film "Barbie".

"Inside Out 2" menghasilkan 140 juta dolar AS di bioskop internasional dan secara total berhasil menghimpun 295 juta dolar AS, menjadikannya sebagai salah satu film dengan pembukaan penayangan terbaik sepanjang masa untuk kategori animasi.

Capaian ini menjadi kabar gembira bagi Pixar setelah melewati tahun-tahun sulit yang dimulai pada saat pandemi COVID-19. Pandemi memaksa Disney dan Pixar untuk merilis film "Onward" secara digital hanya dua pekan setelah penayangannya di bioskop.

Selain itu, tiga judul film setelahnya yakni "Soul", "Luca", dan "Turning Red" hanya dirilis eksklusif di layanan pemutaran film Disney+.

Film "Lightyear" menandai kembalinya Pixar ke layar lebar pada 2022. Namun, film tersebut hanya mampu mengumpulkan keuntungan 226 juta dolar AS secara global.

Kemudian, film "Elemental" mulai meningkatkan pendapatan untuk studio animasi tersebut, dengan meraup hampir 500 juta dolar AS secara global dan menjadi film animasi original terlaris setelah "Coco" pada tahun 2017.

Ke depan, Pixar sedang menggarap proyek animasi "Elio" yang bakal rilis tahun 2025 dan "Toy Story 5" yang tayang 2026.

Presiden Pixar Jim Morris mengatakan bahwa mereka berencana untuk membuat tiga film setiap dua tahun dan lebih berfokus pada waralaba yang sudah ada seperti "The Incredibles" dan "Finding Nemo".



Tags
SHARE